Ragam Biaya Sunat Berdasarkan Usia dan Jenis Tindakanya.

Ragam Biaya Sunat Berdasarkan Usia dan Jenis Tindakanya.

Manfaat Sunat Bagi Kesehatan-Manfaat Sunat Bagi Kesehatan-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID-Sunat atau khitan adalah prosedur bedah yang bertujuan untuk menghilangkan kulit luar penis yang menutupi kepala penis, menurut Mayo Clinic. Ini dilakukan karena area tersebut dapat menjadi tempat bagi koloni bakteri yang tumbuh dan berkembang dalam enam bulan pertama kehidupan, yang dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. Namun, apa manfaat dan biaya rinci dari setiap teknik sunat yang berbeda? Mari kita ketahui lebih banyak informasinya di bawah ini

BACA JUGA:Belum Banyak Yang Tahu, Ada Pemerkosaan dalam Pernikahan (Marital Rape)

 

Manfaat Sunat Bagi Kesehatan

Dari sudut pandang medis, ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari menjalani prosedur sunat atau khitan, di antaranya:

  • Mengurangi risiko terkena penyakit menular seksual seperti herpes atau sifilis.
  • Mencegah masalah pada penis seperti fimosis, yang menyebabkan nyeri pada kepala atau kulup penis.
  • Mengurangi risiko infeksi saluran kemih yang dapat berkaitan dengan masalah ginjal.
  • Mengurangi risiko terkena kanker penis dan kanker serviks pada pasangan.
  • Membuat kebersihan penis lebih mudah dipelihara, karena penis yang disunat lebih mudah dibersihkan.

Karena manfaat-manfaat ini, banyak laki-laki non-Muslim juga memilih untuk menjalani prosedur sunat demi alasan kesehatan. Ada berbagai metode sunat yang tersedia, masing-masing menyesuaikan dengan biayanya. Setiap jenis metode sunat ini dapat mempengaruhi biaya sunat itu sendiri.

 

Biaya Sunat Berdasarkan Jenis dan Usia

Nah, berikut ini adalah informasi seputar biaya sunat.

1.       1. Sunat Klamp (Rp.600.000- Rp.800.000)

Sunat Klamp adalah prosedur sunat yang menggunakan alat klamp (seperti tabung) untuk menentukan lokasi sayatan, menghentikan pendarahan, dan menjaga kebersihan saat urine keluar. Metode ini memiliki beberapa keunggulan. Setelah prosedur, area genital pasien bisa langsung terkena air karena luka ditutup dengan tabung, tanpa perlu jahitan.

Dengan demikian, metode ini memberikan hasil yang lebih baik, dengan luka sayatan yang lebih sedikit, risiko perdarahan yang rendah, proses yang cepat (sekitar 10 menit), dan perawatan yang mudah. Sunat klamp semakin populer dan banyak dipilih oleh pasien, sehingga tidak heran jika banyak klinik dan rumah sakit yang menyediakan prosedur ini.

Biaya sunat dengan metode klamp juga relatif terjangkau, hampir tidak berbeda jauh dengan metode konvensional. Umumnya, biaya sunat untuk bayi berkisar antara Rp600.000 hingga Rp800.000, sedangkan untuk anak-anak usia 1 hingga 12 tahun sekitar Rp650.000 hingga Rp820.000. Remaja berusia 15-20 tahun akan dikenai biaya antara Rp950.000 hingga Rp1.500.000.

 

2.       2. Sunat Dewasa (Rp. 700.000- Rp.5.000.000)

Biaya sunat dewasa adalah salah satu faktor pertimbangan penting dalam memilih tempat untuk menjalani sunat. Biaya ini dapat bervariasi tergantung dari tempat sunat yang dipilih, baik itu tempat sunat tradisional, klinik modern, atau rumah sakit. Biaya ini ditentukan oleh lokasi tempat sunat, metode yang digunakan, praktisi sunat, obat-obatan yang digunakan, dan fasilitas yang disediakan.

Informasi mengenai biaya sunat dewasa dapat diperoleh melalui portal layanan sunat atau langsung mendatangi tempat sunat tersebut. Biaya sunat dewasa berkisar antara Rp700.000 hingga Rp5.000.000 tergantung pada lokasi dan metode sunat yang dipilih.

Sunat Laser adalah metode sunat yang menggunakan teknologi laser dengan proses yang cepat, hanya sekitar lima menit, dan tidak memerlukan jahitan. Prosesnya melibatkan penggunaan bius lokal, kulit yang dijepit dan ditarik lurus menggunakan klem kecil, serta potongan kulit yang dihasilkan dengan kawat panas. Teknologi laser memungkinkan proses sunat menjadi lebih efisien dan singkat. Meskipun demikian, biaya sunat laser ini relatif mahal dibandingkan dengan sunat konvensional.

 BACA JUGA:Bisa Sebabkan Gusi Bengkak, Berikut Penyebab Gingivitis atau Radang Gusi

3.       3. Sunat Bayi (Rp. 500.000- Rp.700.000)

Sunat atau khitan kini tidak hanya dilakukan atas dasar agama, tetapi juga karena alasan kesehatan atau medis. Banyak orang tua yang memilih untuk melakukan sunat pada bayi mereka, bahkan sejak mereka masih bayi. Ada beberapa metode yang digunakan untuk sunat bayi, di antaranya metode konvensional yang biayanya lebih terjangkau.

Metode konvensional umumnya menggunakan guillotine dan dorsumsisi, dan harus dilakukan oleh tenaga medis yang terlatih untuk mencegah cedera pada bagian kelenjar penis bayi. Biaya sunat bayi dengan metode konvensional biasanya berkisar antara Rp800.000 hingga Rp950.000 di bidan atau klinik.

Biaya tersebut dapat bervariasi tergantung dari lokasi dan tempat sunat yang dipilih. Sementara itu, biaya sunat bayi perempuan berkisar antara Rp500.000 hingga Rp750.000. Sebelum memutuskan untuk menyunat bayi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sunat untuk memilih metode yang terbaik untuk buah hati Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: